KARTINI MENULIS, KARTINI ADA
By: Khozinurrahman
Gambar-source: www.fiskal.co.id |
Sejarah akan terus berulang. Hal ini
diartikan sebagai suatu kebangkitan kembali semangat masa lampau yang secara
fisik memang telah ditelan zaman, namun dalam esensinya tetap dinamis dalam
kehidupan manusia. Oleh karena inilah kita selalu dituntut untuk mempelajari
dan memahami sejarah kita sendiri. Kartini sebagai simbol sejarah, merupakan
bagian integral dari semangat kaum hawa, khususnya di negeri ini, dimana
semangat yang lahir pada masa itu masih memantul kepada kita saat ini.
"Door Duistermis tox Licht" (Habis Gelap Terbitlah
Terang), itulah judul sampul dari kumpulan surat-surat Raden Ajeng Kartini
yang terkenal. Karya itu sangat berpengaruh dan menjadi inspirasi sejumlah
besar tokoh perempuan kita setelah Kartini. Sebuah buku yang telah menjadi
ornamen sejarah, dan karenanya, menjadi pedoman hidup dalam berbangsa dan
bernegara. Kita patut bersyukur dengan kehadiran R.A. Kartini. Beliau adalah cahaya
bagi kelamnya hidup kita yang selalu dirundung rasa sedih luar biasa akibat
isu-isu yang rentan mengdiskreditan kaum perempuan.
Kartini dalam ketajaman pikirnya, menggugat dua persoalan penting
yang membuat perempuan pada jamannya menjadi marginal. Dua persoalan tersebut
adalah kultur masyarakat feodal yang juga patriarkhis, dan struktur kolonial
Belanda. Melalui surat-surat pada kawan-kawannya, Kartini menyuarakan kultur
dan struktur sosial yang bias gender ( Maria, Anna Wattie, 2002), yang tidak
adil terhadap perempuan, dan menindas kaum Boemi Poetera secara keseluruhan.
Kemampuan Kartini dalam menganalisa bahwa adat-istiadat yang
beriringan dengan kolonialisme sebagai inti masalah keterpurukan perempuan dan
mengangkat pendidikan sebagai strategi perjuangannya mengangkat derajat perempuan
adalah sesuatu hal yang luar biasa ( Suryochondro, 1996). Ia sebagai anak
bangsawan tentu mendapatkan previledge
atas kedudukannya. Namun ia tetap jernih untuk melihat fakta ketertindasan
sosial di sekelilingnya, suatu kepekaan yang patut dihormati dan diteladani
sampai sekarang.
Kemerdekaan merupakan ide dan gagasan yang utama dari surat-surat
Kartini. Hal yang dianggapnya mampu membebaskan kaumnya dari ketertindasan
feodal dan kolonial waktu itu. Karyanya terebut di atas, menyiratkan betapa
ide-ide kebebasan yang direnungkan oleh Kartini bagi kaum perempuan
sebangsanya, sangatlah berharga dalam arti yang lebih luas.
Berangkat dari menulis, R. A. Kartini kita kenal sampai sekarang.
Tak dapat kita bayangkan bagaimana jika Kartini tidak pernah menulis? Apakah ia
akan kekal dalam sejarah kita? Sisi-sisi menarik dari sosok Kartini sendiri,
karena itu, adalah kemampuannya dalam menulis.
Menulis pada masa itu adalah domain bagi kalangan laki-laki dan kaum
bangsawan secara umum. Sementara itu substansi tulisan (surat) Kartini adalah
protes, bukan sebuah permakluman dan sikap pasrah pada suatu keadaan. Maka
makna tulisan seorang Kartini, melampau garis demarkasi peradaban zamannya.
Hanya perempuan yang memiliki keberanian yang dapat mengatakan
kata hati dan pikirannya kepada masyarakat umum kala itu. Oleh karenanya,
politik tulisan kaum perempuan kiranya adalah ia yang pertama memulai. Dan ini
merupakan sumbangan luar biasa dalam gejala karya-karya feminis untuk masa
selanjutnya di negeri kita ini.
Karta tulisan adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita
ketahui. Manusia bisa mati, kata sebagian orang, tetapi sepanjang karyanya itu
masih ada dan utuh, kematiannya menjadi sesuatu yang lain. Sang penulis mati
secara fisik, tetapi hidup secara esensi dalam diri setiap setiap orang.
Manusia bisa mati, tapi tulisan tidak akan pernah mati. “Aku Menulis, Maka Aku
Ada,” demikian kata budayawan Zainal Arifin Thoha (Kutub, 2005).
Kemampuan menulis itulah yang menjadi kekuatan bagi Kartini, yang
secara objektif harus diakui sebagai kelebihan yang tidak banyak dimiliki oleh
pejuang perempuan lainnya seperti Tjut Nya’ Dien, Dewi Sartika, dll. Bahkan
lebih jauh dari itu, menulis adalah sebuah babak baru perlawanan Kartini
terhadap penindasan kolonial, setelah sebelumnya perlawanan dilakukan melalui
perjuangan fisik. Babak baru yang dibawa kartini tidak bervisi kemerdekaan yang
hanya didengungkan kepada kaum di negerinya, tetapi juga kepada kalangan secara
luas, baik masyarakat negeri penjajahnya (baca: Belanda) maupun negeri-negeri
lainnya. Inilah faktor yang sering dikatakan bahwa tulisan bercakupan global.
Pada fase perlawanan berikutnya kita akan melihat bagaimana
tulisan terutama melalui surat kabar, seperti koran, majalah dan media massa
yang lain menjadi alat propaganda yang luar biasa, terutama bagi kaum
perempuan. Media dalam konteks umum kemudian menjadi cara dalam membangun
kesadaran massa, sekaligus memobilisasi massa untuk melakukan tindakan melawan
penindasan terhadap perempuan.
Sungguh sangat luar biasa, tulisan menjadi senjata ampuh dalam
melakukan perlawanan. Tulisan adalah kata yang “abadi”, sekaligus fatwa bagi
orang yang miskin akan ilmu pengetahun. Melalui tulisan itu, Kartini
melontarkan gugatannya akan kecamuk dalam sistem sosial yang berlangsung saat
itu. Ia mengantarkan kesadaran kebangsaaan dan kemerdekaan dari kungkungan
struktur feodal dan kolonial itu bagi kaumnya melalui tulisan.
Karya Kartini itu telah menginspirasi masyarakat hawa kita, jauh
melampaui batas ruang dan waktu. Karya itu juga mengantarkan kesadaran untuk
melampaui realitas jaman. Jasat Kartini boleh mati, namun ide dan gagasannya
yang tertuang dalam karnyanya sangat berpengaruh besar dalam kemajuan wanita
Indonesia di kemudian hari, karena isi tulisan tersebut menjadi motivasi
perjuangan bagi kaum wanita kita sampai saat sekarang. Seperti pernyataan
Jaleswari Pramodhawardani, aktivis gerakan perempuan, Kartini boleh menghilang
ditengah-tengah kita, namun spirit dan perjuangannya masih tetap hidup dan
mewarnai gerakan perempuan Indonesia. (Gatra, April 2004)
KARTINI MENULIS, KARTINI ADA
Reviewed by Unknown
on
10:56
Rating:
JackpotCity Casino - Casino & Gaming Tickets - KTNV
ReplyDeleteTickets are not available until 보령 출장안마 6 p.m. for the grand 아산 출장샵 opening of the JackpotCity Casino at 849 Jackpot 밀양 출장마사지 Way in 김뿡 얼굴 the Reno area. View the 2021 안산 출장안마 event schedule and